Wednesday, February 29, 2012

CRIMPING KABEL UTP



Seperti yang udah iim katakan di post sebelumnya tentang ukp yang pernah dilakukan, iim pertama kali mau share tentang bagaimana cara crimping kabel utp.

Jadi, menurut teori ada dua macam pengkabelan. Ada straight dan juga cross namun ada juga tipe lain yaitu croos-over. Untuk menentukan apakah akan menggunakan tipe straight atau cross dapat melihat dari desain yang ada. Device apa saja yang digunakan, lalu setiap device dihubungkan dengan apa. Semacam itulah. Nah, dalam kasus ini dapat dilihat desain berikut:

Untuk menghubungkan masing-masing device tersebut dapat menggunakan tipe pengkabelan straight. Maksud dari straight disini adalah susunan kabel di ujung satu dengan yang lain sama persis.
Begini maksudnya:
OK, lanjut yaa...
Pertama, siapkan semua alat dan bahannya ya..
  1. Tang crimping
  2. Konektor RJ 45

  3. LAN Tester
  4. Kabel UTP
Langkah-langkah:
  1. Mengupas ujung kabel UTP yang telah disiapkan. Untuk mengupas kabel ini bisa menggunakan bagian tang crimping yang ada untuk mengupas ataupun ada gunting khusus untuk mengelupas kabel.

  2. Menyusun kabel sesuai dengan ketentuan warna yang ada dengan rapi. Untuk merapikan bisa menggunakan pemotong.
  3. Memasukkan/ memasang kabel pada konektor RJ 45. Pastikan ujung-ujung/ tembaga dari kabel UTP terlihat dan terpasang rapi dari luar (depan).
  4. Crimping dengan tang.
  5. Lakukan hal yang sama pada ujung yang satu.
  6. Tes dengan LAN tester apakah kedua ujung berfungsi dengan baik. Tandanya adalah lampu indikator tester menyala dan urutan nyalanya sama (straight) atau sesuai dengan aturan pengurutan kabel.
Udah deh.. gitu aja.. selesai :)

Kalau mau download yang versi document, bisa di sini:

Selamat Belajar :)

0 comments:

Post a Comment